Cara Mengaktifkan Kartu BPJS Kesehatan
Cara Mengaktifkan Kartu BPJS Kesehatan

 Yuk Ketahui Bagaimana Cara Mengaktifkan Kartu BPJS yang sudah tidak Aktif

Posted on

Bagi anda pengguna bpjs pastinya memiliki kartu peserta bpjs, nah kartu peserta tersebutlah yang di jadikan tanda pengenal bahwa anda resmi menjadi peserta bpjs. Di dalam kartu peserta tertera nama lengkap, nomor peserta, nama fakses untuk berobat dan nomor ktp. Bagi peseta bpjs di wajibkan untuk membayar iuran bpjs sesuai dengan kelas yang telah anda tentukan. Pembayaran iuran tersebut di bayar paling lambat sebelum tanggal 10 setiap bulanya, apabila peserta yang memiliki kewajiban untuk membayar lupa atau telat maka kartu anda akan di nonaktifkan. Dengan di nonaktifkan kartu peserta bpjs anda secara otomatis anda tidak bisa berobat menggunakan bpjs lagi, dan anda harus berobat sebagai pasien umum.

Dan Jika anda ingin mengaktifkan kartu peserta bpjs lagi anda harus melunasi tunggakan iuran yang belum anda bayar. Contohnya anda telat membayar iuran selama 8 bulan  berarti anda harus membayar iuran 8 bulan terkahir ini, jika anda termasuk kelas 2 dengan iuran RP51.000 maka tunggakan yang harus anda lunasi sebanyak Rp408.000,dan anda bisa membayarkan tunggakan langsung ke kantor bpjs.

Setelah anda melunasi tunggakan kartu bpjs anda akan aktif kembali dalam jangka waktu 1×24 jam dan anda bisa menjadi peserta bpjs lagi. Tidak ada denda dalam telat membayar iuran bpjs ini, dan sat ini dendanya di rubah menjadi rawat inap yaitu jika anda menggunakan kartu bpjs setelah 45 hari kartu di aktifkan kembali.

Nah ittu tadi cara mengaktifkan kartu bpjs yang sudah tidak aktif lagi, mohon maaf jika ada keasalan dalam menulis. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *