Ternyata Manfaat Madu Baik Untuk Ibu Hamil

Madu yaitu makanan yang mengandung zat fruktosa, glukosa dan jenis gula lainnya. Madu juga menyediakan banyak gizi dan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat madu yang paling utama yaitu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka bakar ringan, meringankan sakit tengorokan, dan mengurangi mulas dengan cara menetralkan asam lambung.

Manfaat madu untuk ibu hamil dan janinnya memang sangat besar sekali yang bisa diperoleh dengan mudah. Kehamilan merupakan salah satu masa yang ditunggu oleh setiap para wanita, namun ibu yang sedang hamil juga mengalami kondisi yang terkadang tidak menyenangkan. Maka dari itu ibu yang sedang hamil harus mendapatkan penjagaan yang baik, salah satunya yaitu harus mengkonsumsi madu, karena madu sangat baik untuk ibu hami.

Berikut ini manfaat madu untuk ibu hamil diantaraanya yaitu:

Meringankan Rasa Mulas

Mulas merupakan gangguan kehamilan yang sering dialami untuk ibu hamil, karena hormon yang dilepaskan selama kehamilan menyebabkan sphincter diantara yaitu kerongkongan dan lambung yang menjadi lebih lunak. Saat kondisi yang seperti ini terjadi, maka asam lambung kembali ke kerongkongan yang akan menyebabkan ada rasa terbakar. Kondisi ini bisa terjadi sampai pada bulan-bulan terakhir kehamilan.

Hal ini di sebabkan bayi akan mendorong semua organ ke atas, sehingga efek yang dirasakan juga mulas. Rasa mulas ini bisa dikurangi dengan anda mengkonsumsi susu juga di tambahkan dengan madu. Dengan pencampuran inilah dapat menetralisir kelebihan asam lambung. Setiap malam sebelum tidur minumlah segelas susu dan madu akan bisa mengatasinya.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Saat masa kehamilan flu bisa saja terjadi, karena pada ibu hamil system kekebalan tubuh akan lebih rentan. Saat ibu hamil mengalami pilek, maka ibu hamil akan mengalami pembengkakan yang menyebabkan sulit untuk bernafas. Ibu hamil harus meningkatkan mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan vitamin yaitu buah-buahan. Ibu hamil bisa membuat teh dengan menambahkan madu untuk meringankan sakit tenggorokan yang tidak nyaman.

Memperkuat Kandungan Ibu Hamil

Madu apel juga bisa mengobati rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil, madu apel juga bisa memperkuat kandungan ibu hamil. Selain itu, madu apel juga bisa untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga mampu untuk membantu dalam mempersiapkan persalian.

Mengobati Maag

Bagi anda yang sedang hamil mempunyai penyakit maag, anda bisa mengatasinya dengan menambahkan madu ke dalam ramuan. Cara membuat ramuan yaitu: gunakanlah kunyit segar sebesar 2 kali ibu jari dan temu putih juga sebesar ibu jari. Kemudian rebus kedua bahan ini dengan kedalaman 500 cc air hingga airnya tersisa setengah. Ambil air rebusannya, lalu saring setengah hangat kemmudian masukkan madu secukupnya. Perlu anda ketahui perbedaan mual hamil atau maag saat ingin melakukan pengobatan ini.

Aman Untuk Ibu Hamil

Bagi anda yang sedang hamil tidak perlu takut untuk mengkonsumsi madu. Karena di dalam jurnal Canadian Family Physician menjelaskan bahwa system pencernaan orang dewasa terdapat bakteri yang bisa melindungi dari botulisme atau penyakit yang menyebabkan kaku pada otot setelah sudah melahirkan dan juga berpotensi bisa menyebabkan kematian. Namun toksin dari botulisme ini tidak akan sampai pada plasenta.

Waspadai Madu Yang Palsu

Madu palsu yaitu madu tiruan, bentuk madu palsu mirip dengan madu asli. Namun lebah yang memproduksi adalah lebah yang mendapatkan nektar dari bunga yang disemprot menggunakan gula, sehingga madu sintesis yaitu madu yang dibuat oleh manusia bukan secara alami, karena warnanya juga hampir mirip dengan madu asli. Madu sintesis yang beredar yaitu madu melon, madu labu, madu semangka dan madu kurma. Cara membedakan madu asli dan madu palsu yaitu anda bisa meneteskan pada selembar koran, jika madunya mudah terserap pada koran maka madu tersebut palsu karena madunya mengandung air.  Madu palsu memiliki kandungan air yang tinggi.