Pembayaran Pertama BPJS Kesehatan

Pembayaran Pertama BPJS Kesehatan Harus Melalui ATM

Posted on

Pembayaran Pertama Harus Melalui ATM dan Tidak Bisa Lewat Indomart maupun Alfamart

Bagi WNI dan WNA yang telah tinggal di Indonesia selama lebih dari 6 bulan maka wajib untuk mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJS. Untuk pendaftarannya sendiri bisa langsung datang ke Kantor BPJS Kesehatan atau melaului pendaftaran Online. Dan setiap bulannya peserta wajib untuk membayar iuran sesuai dengan kelas yang telah dipilih.

Dalam setiap kelasnya memiliki iuran yang berbeda, bagi peserta kelas 3 dikenakan biaya Rp.25.500, untuk kelas 2 wajib membayar iuran per-bulannya sebesar Rp.51.000, dan Rp.80.000 untuk biaya iuran kelas 1. Untuk tempo pembayarannya, peserta dapat membayarnya setelah hari ke-14 dan untuk maksimalnya 30 hari setelah pendaftaran.

Untuk pembayaran iuran pertama tidak bisa melalui Indomart maupun Alfamart, atau PPOB lainnya seperti (Kantor Pos dan Pegadaian). Maka dari itu peserta wajib membayar iuran pertama melalui ATM dengan nomor virtual yang telah diberikan oleh BPJS, namun bagi peserta yang tidak memiliki ATM, maka bisa juga untuk langsung datang  ke teller bank yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan diantaranya Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri.

Ada 2 cara yang dapat dilakukan dalam proses pembayaran tersebut, jika bayar lewat ATM maka peserta bisa mengikuti petunjuk pembayaran yang telah disediakan oleh BPJS, dan apabila peserta membayar melalui teller maka peserta diharuskan untuk mencatat nomor virtual account-nya.

Informasi tambahan, bagi peserta diwajibkan mendaftarkan diri untuk anggota keluarganya yang tertera pada Kartu Keluarga, dan untuk kelasnya mengikuti kelas yang telah dipilih oleh Kepala Keluarga serta penagihan dilakukan secara kolektif dan dengan hanya menggunakan 1 nomor virtual account saja. Dan status peserta akan di non-aktifkan apabila peserta tersebut telat atau menunggak untuk membayar iuran, dan akan aktif kembali jika peserta telah melunasi tunggakan tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi peserta bisa mendatangi Kantor BPJS Kesehatan atau menghubungi Call Center 1500 400.

Incoming search terms:

  • pembayaran per

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *