Mengetahui Tanaman Obat Asma yang Ada di Sekitar Kita

Penyakit memang tidak bisa ditolak apabila sudah datang menimpa kita, namun kita sebagai manusia biasa hanya bisa melakukan pencegahan dan juga pengobatan saat sudah terserang penyakit. Salah satunya adalah penyakit asma, merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian pernafasan. Salah satu cirri bahwa anda terserang penyakit ini adalah anda mengalami sesak nafas, nyeri dada, dan ada juga yang disertai dengan batuk.

Dan tanaman obat asma adalah salah satu cara dalam mengobati ataupun mencegah penyakit asma. atau dengan memanfaatkan berbagai tanaman obat herbal yang ada disekitar kita.

Baca Juga : Mengatasi Rambut Rontok Dengan Menggunakan Tanaman Obat Rambut Rontok yang Alami

Penyebab Terjadinya Asma

Penyakit asma ini menyerang orang tanpa memandang usia, semua bisa saja terserang penyakit ini apabila mereka tidak memperhatikan penyebab penyakit asma. Dan untuk penyebab yang paling berpengaruh untuk penyakit ini hingga saat ini belum diketahui dengan jelas. Akan tetapi biasanya penyakit asma terjadi karena sesorang mempunyai organ saluran pernafasan yang terlalu sensitive, yang dapat mengakibatkan terjadinya peradangan dengan mudah. Dan berikut adalah factor-faktor yang mempengaruhi dan dapat memicu terjadinya peradangan dan penyempitan saluran pernafasan.

  • Melakukan aktifitas fisik dan juga melakukan olahraga yang berlebihan.
  • Sering mengkonsumsi obat-obatan medis pereda pada nyeri dan juga peradangan seperti aspirin dan ibuprofen.
  • Konsumsi minuman atau makanan yang mengandung sulfit yang sangat tinggi, berupa makanan siap saji, makanan olahan, seafood, selai-selaian, minuman sari buah, dan juga bir.
  • Sering menghirup udara yang kotor, seperti asap pabrik, asap rokok, asap kendaraan, dan lain sebagainya.
  • Seseorang memiliki alergi terhadap berbagai hal, seperti makanan tertentu dan juga minuman, bulu hewan, serbuk bunga, dan lain sebagainya.
  • Adanya faktor cuaca yang sering tidak menentu, atau perubahan dari panas menjadi hujan dalam waktu yang relatif cepat dan singkat.

Tanaman Obat Asma

Berikut adalah beberapa tanaman obat asma yang dapat menjadi obat dalam menangani penyakit asma yang dapat dicoba.

  1. Putri Malu

Tanaman Obat Putri Malu

Pastinya anda sudah sering menjumpai tanaman liar yang satu ini, daunnya yang sangat sensitive apabila mendapat rangsangan dan akan menutupkan daunnya.  Dan ternyata tanaman ini memiliki manfaat dalam mengatasi asma karena,

  • Putri malu memiliki kandungan tannin dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat berfungsi dalam penyembuhan saluran pernafasan yang mengalami peradangan.
  • Mengandung alkaloid yang dapat membantu pengeluaran dahak yang sering menghambat laju udara dalam saluran pernafasan manusia.

Dan biasanya bagian dari akar putri malu inilah yang dijadikan sebagai minuman obat, dengan cara merebus 30 gram akar putri malu ke dalam 400 cc air yang direbus hingga airnya berkurang setengahnya. Setelah disaring anda dapat menyaringnya daln mengkonsumsinya 2 kali dalam sehari.

  1. Kemangi

Tamanan Obat Asma Kemangi

Tanaman ini pasti juga sudah sangat popular dikalangan anda bukan? Ini karena daunnya sering digunakan sebagai lalapan yang sangat lezat. Ternyata daun kemangi juga dapat dimanfaatkan daunnya sebagai obat asma karena :

  • Memiliki sifat ekspektoran yang alami, sehingga akan membantu menyingkirkan dahak-dahak yang akan menyumbat jalannya udara pada saluran pernafasan.
  • Sifat anti-inflammasi yang pada daun kemangi sangat diperlukan oleh tubuh dalam mengatasi penyakit-penyakit seperti asma, bronchitis, juga flu.

Cara mengolahnya dengan menyiapkan 3 hingga  4 helai daun yang kemudian dicampurkan dengan air untuk dijadikan jus. Bisa juga ditambahkan madu yang dikonsumsi sebanyak dua kali sehari.

  1. Ginkgo Biloba

Tanaman Obat Ginkgo Biloba

Tanaman obat yang satu ini berasal dari china dengan memiliki cirri daun berwarna hijau muda dan memiliki batang yang kecil. Tanaman ini dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit salah satunya adalah asma karena :

  • Kandungan senyawa ginkgolide dan merupakan antioksidan dan juga anti-inflammasi yang akan membantu dalam mengurangi peradangan di saluran pernafasan.
  • Ekstrak pada daun tanaman ini mampu mencegah produksi platelet activating factor (PAF), merupakan ssebuah senyawa yang memicu timbulnya gejala-gejala penyakit asma.