Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk cukup unik yaitu menyerupai bentuk bintang. Buah belimbing juga merupakan salah satu buah yang berasal dari wilayah tempat yang memiliki iklim tropis. Buah ini memiliki rasa yang menyegarkan seperti rasa manis yang bercampur asam, sehingga buah ini cukup banyak di gemari oleh banyak orang.

Baca Juga : Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Selain memiliki rasa yang segar, buah belimbing ini juga memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatah tubuh. Berdasarkan dengan hasil penelitian, buah belimbing terbukti mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, protein, kalsium, karbohidrat, kalium, seng, sodium, serat, dan juga masih banyak kandungan yang lainnya. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat kandungan buah belimbing bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Belimbing :

1.Mencegah Penyakit Kenker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya penyebab kematian terbesar di dunia. Anda dapat mencegah penyakit ini dengan cara salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin. Kadungan vitamin C yang terdapat dalam buah belimbing terbukti dapat mencegah bertumbuhnya sel kanker. Adanya vitamin C yang cukup tinggi dalam buah belimbing ini berperan sebagai antioksidan yang sehingga dapat mencegah serta menguragi bertumbuhnya sel kanker.

2.Mengandung Antioksidan Tinggi

Vitamin C yang terkandung dalam buah belimbing merupakan salah satu senyawa antioksidan alami. Vitamin C yang terdapat dalam buah belimbing memiliki jumlah yang cukup tinggi. Selain itu buah belimbing juga memiliki senyawa antioksidan yang lainnya seperti flavonoid polifenol, quercetin, epicatechin serta asam galat.

Kandungan antioksidan itu sendiri sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang akan masuk dalam tubuh, dan juga mampu meningkatkan sisitem imun sehingga tidak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

3.Menjaga Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan dalam tubuh ini akan berkerja secara optimal jika tubuh kita terpenuhi asupan seratnya. Banyak ahli yang telah meneliti bahwa buah belimbing ini mengandung serat yang cukup tingi, dan jika mengonsumsi buah belimbing secara rutin akan dapat memenuhi asupan yang serat untuk tubuh.

Selain dapat melancarkan sistem pencernaan, kandungan serat pada buah belimbing juga mampu mencegah sertas mengatasi berbagai macam gangguan pada pencernaan seperti sembelit, disentri, diare, dan juga yang lainnya.

4.Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh adanya kandungan sodium yang cukup tinggi dalam tubuh, serta kurangnya asupan kalium pada tubuh.

Untuk memenuhi asupan kalium tersebut, anda bisa mengonsumsi buah belimbing secara rutin. Karena disini buah belimbing telah terbukti mengandung senyawa mineral serta kalium yang tinggi. Kandungan mineral seperti zat besi dan magnesium juga mampu untuk mencegah resiko terkena penyakit anemiaatau kekurangan sel darah merah.

Baca Juga : Berikut Manfaat Buah Sirsak Bagi Tubuh

5.Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Koesterol sendiri dibedakan menjadi 2, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol jahat adalah kolesterol yang pastinya tidak dibutuhkan oleh tubuh, sedangkan kolesterol baik adalah kolesterol yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk mengurangi kadar kolesterol jahat tersebut, anda dapat mengonsumsi buah belimbing tersebut secara rutin. Karena buah belimbing ini terbukti mengandung senyawa yang berguna untuk mengikat serta menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh, dan kemudian akan dibuang melalui sekresi empedu.

Itulah beberapa manfaat buah belimbing yang akan anda dapatkan bila anda rajin mengonsumsi buah belimbing. Selain memiliki rasa manis bercampur asam sehingga membuat rasa buah ini cukup menyegarkan, ternyata buah belimbing menyimpan sejuta manfaat bagi tubuh kita.