Pendaftaran Online BPJS Kesehatan
Pendaftaran Online BPJS Kesehatan

Layanan Pendaftaran Online BPJS Kesehatan

Posted on

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS kesehatan, anda tidak perlu datang ke kantor BPJS kesehatan. Sebab, BPJS kesehatan telah membuka layanan pendaftaran online. Layanan ini bisa anda akses melalui alamat bpjs-kesehatan.go.id.

Proses pendaftaran online BPJS kesehatan juga sangat mudah. Anda tinggal mengikuti instruksi yang tertulis di layar. Akan tetapi anda juga harus memperhatikan beberapa hal supaya karena ada informasi penting yang harus dibaca juga oleh calon peserta BPJS kesehatan.

Berikut langkah pendaftaran online BPJS kesehatan :

  1. Buka situs resmi bpjs kesehatan; bpjs-kesehatan.go.id
  2. Pilih pendaftaran online yang ada di menu sebelah kiri

anda kemudian akan dialihkan ke menu pendaftaran. Ada informasi berkaitan dengan syarat dan ketentuan layanan pendaftaran peserta bpjs kesehatan. Sebaiknya informasi tersebut dibaca terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menerima dan menyetujui layanan pendaftaran peserta bpjs kesehatan.

  1. Jika anda sudah menerima dan menyetujui sayarat dan ketentuan layanan peserta bpjs kesehatan tersebut, maka beri tanda centang dan pilih pendaftaran.
  2. Langkah pendaftaran online bpjs kesehatan berikutnya adalah anda harus mengisikan form yang tersedia. Pilih terlebih dahulu jenis kepesertaan. Ada dua pilihan yaitu pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja. Pilih salah satu.
  3. Masukan nomor kartu keluarga.
  4. Masukan kode validasi.
  5. Beri centang pada kolom “Dengan ini saya menyatakan untuk mendaftarkan diri beserta Anggota Keluarga”
  6. Klik inquery kartu keluarga.
  7. Klik proses berikutnya.
  8. Lengkapi form data diri peserta bpjs kesehatan.
  9. Setelah lengkap form data diri, klik proses berikutnya.
  10. Pilih kelas perawatan yang diinginkan. Catatan, kelas perawatan yang dipilih juga akan menentukan besar iuran bpjs kesehatan tiap bulanya. Tarif iuran kelas 1 bpjs kesehatan adalah Rp.80.000; kelas 2 Rp.51.000; kelas 3 Rp. 30.000.
  11. Masukan kode validasi kemudian klik kirim email.
  12. Jika sudah, anda akan menerima pesan email dari bpjs. Lakukan aktivasi pendaftaran dari email yang anda dapatkan dengan cara menekan tombol aktivasi pendaftaran. Anda kemudian akan diarahkan ke halaman pendaftaran bpjs kesehatan berikutnya.
  13. Masukan kode validasi pendaftaran bpjs kesehatan kemudian pilih aktivasi.
  14. Bila proses aktivasi berhasil, langkah berikutnya adalah anda harus mencetak virtual account. Caranya, unduh virtual account yang ada di kolom cetak VA (virtual account).
  15. Pada lembar virtual account, terdapat informasi nomor virtual account, bank dan juga nominal yang harus dibayarkan.
  16. Jika sudah melakukan pembayaran, cek kembali email yang masuk dari bpjs kesehatan. Email tersebut berisi e-ID card.
  17. Proses pendaftaran online bpjs kesehatan telah selesai. Anda selanjutnya bisa mengambil kartu bpjs kesehatan di kantor cabang bpjs kesehatan terdekat.

Jika anda ingin mengambil kartu bpjs kesehatan, ada syarat yang harus dipersiapkan.

Syarat pengambilan kartu bpjs kesehatan:

  1. Mengisi formulir.
  2. Fotocopy KTP dan KK.
  3. pas photo 3×4.
  4. e-ID card atau virtual account.
  5. bukti pembayaran iuran bpjs kesehatan.

Dengan melakukan pendaftaran bpjs kesehatan secara online, anda tidak perlu duduk mengantri di kantor bpjs kesehatan. Untuk melakukan pendaftaran online peserta bpjs kesehatan anda hanya perlu mempersiapkan computer atau laptop dan sambungan internet. Anda juga bisa melakukan pendaftaran online peserta bpjs kesehatan menggunakan telpon pintar atau smartphone anda. Jadi semakin mudah dan praktis dalam melakukan pendaftaran peserta bpjs kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *