Khasiat Manfaat Kopi Hijau Green Coffee Dan Juga Efek Sampingnya

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak diminati oleh para masyarakat luas dari berbagai kalangan dan juga usia. Cita rasa yang dihasilkan dari biji kopi ini memang sangatlah nikmat. Begitu juga dengan kopi hijau green coffee yang diambil dari coffe yang belum dipanggang. Kandungan asam klorogenat yang ada dalam biji kopi hijau ini juga belum berkurang dan lebih banyak daripada biji kopi yang telah dipanggang. Kandungan asam klorogenat yang ada dalam kopi hijau ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dan karena khasiatnya itu sekarang banyak orang yang mencari kopi hijau ini dan dijadikan sebagai minuman untuk diet.

Baca Juga : Yuk Ketahui Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kopi Hijau

Kandungan yang ada dalam biji manfaat kopi hijau green coffee memang menawarkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Senyawa seperti kafein, asam klorogenat,  dan berbagai senyawa lainnya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Hasil dari sebuah penelitian yang terbit pada bulan maret tahun 2006, menunjukan bahwa sebuah suplemen dari hasil ekstrak biji kopi hijau green coffee dapat mengurangi kadar lemak yang ada dalam tubuh dan juga berat badan. Itu semua karena kandungan asam klorogenat yang ada dalam bii kopi yang belum dipanggang sehingga dapat dicerna dan juga diserap oleh manusia seperti halnya yang terdapat pada ekstraknya.

  1. Menurunkan Darah Tinggi

Tidak hanya bermanfaat dalam membantu proses penurunan berat badan, kandungan asam klorogenat yang ada pada kopi hijau juga berfungsi dalam membantu mengurangi tekanan darah. Dan apabila dikonsumsi dalam kadar yang pas kopi ini belum memberikan efek samping bagi tubuh kita. Dan tentunya itu akan menjadi salah satu cara yang aman dalam membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

  1. Membantu Meningkatkan Mood dan Juga Kinerja Kognitif

Kandungan kafein yang ada dalam kopi hijau memberikan efek positif pada suasana hati dan juga aktifitas otak manusia. Beberapa hasil penelitian juga menunjukan bahwa kandungan kafein yang ada dapat membantu meningkatkan kewaspadaan, memori, focus, ketahanan tubuh, dan berbagai kinerja kognitif lainnya. Dan asupan optimal kopi hijau ini adalah sekitar 38-400 mg per hari atau sekitar 3 cangkir kopi.

  1. Mengandung Antioksidan

Kandungan lain yang ada dalam biji kopi yaitu kandungan antioksidannya yang dapat membantu mengurangi efek radikal bebas yang bisa merusak sel-sel yang ada dalam tubuh. Dan tentunya pencegahan ini dapat membuat anda lebih sehat dan mengurangi resiko kerusakan sel-sel dalam tubuh anda. Selain itu kandungan antioksidan dan juga asam klorogenat yang ada dalam biji kopi hijau juga dapat mencegah adanya perkembangan berbagai jenis kanker sehingga tentunya akan dapat membantu mencegah terserangnya berbagai jenis kanker.

Baca Juga : Beberapa Khasiat Tanaman Bawang Dayak Untuk Obat Alami

Efek Samping mengkonsumsi Kopi Hijau

Kopi hijau green coffee memang aman apabila diminum dengan dosis yang tepat, yaitu sekitar 480 mg per harinya. Dan maksimal selama 12 minggu. Ekstra yang ada di dalam kopi hijau juga sangat aman apabila digunakan 200 mg dalam jangka waktu lima hari sekali dalam jangka 12 minggu. Tetap saja kopi hijau ini mengandung kafein yang mengakibatkan insomnia, gugup, gelisah, sakit perut, mual, dan juga muntah-muntah. Selain itu mengkonsumsi dalam jumlah besar juga dapat mengakibatkan sakit kepala, kecemasan, gelisah, telinga berdenging, detak jantung tidak teratur.

Sama halnya denga kopi lainnya, kopi hijau juga akan membahayakan tubuh kita apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, jadi anda harus bisa mengatur kebiasaan minum kopi anda agar dapat memberikan efek positif bukannya negative.