Ibu Hamil sering Buang Air Kecil
Ibu Hamil sering Buang Air Kecil

Inilah Penyebab Mengapa Ibu Hamil sering Buang Air Kecil

Posted on

Bagi setiap wanita pastinya menginginkan dirinya bisa hamil terutama bagi pasangan baru, dan kami ucapakan selamat bagi anda yang tengah mengandung si buah hati. Terus jaga kesehatan buah hati dan diri anda sendiri perbanyak mengkonsumsi sayuran serta buah dan makanan yang mengandung banyak gizi agar bayi yang sedang anda kandung berkembang dengan baik.

Bagi ibu yang tengah hamil memiliki banyak rintangan yang mau tidak mau harus anda alami seperti mual mual, morning sickness bahkan buang air kecil yang tidak beraturan.  Meskipun sering buang air kecil pada ibu hamil itu wajar namun sering kali membuat tidak nyaman pada diri kita. Pada ibu hamil sangat tidak di anjurkan untuk menahan buang air kecil karena akan berakibat keputihan yang tidak sehat.

Pada kondisi ini anda tidak perlu kawatir jika anda mengalami sering pipis saat hamil karena ini bukan penyakit atau tanda bahaya. Dan berikut adalah alasan mengapa ibu hamil sering buang air kecil!

Cairan tubuh yang lebih banyak

Pada ibu hamil terjadi peningkan jumlah darah dan oksigen sebesar 50% peningkan yang di alami pada ibu hamil. Dengan meningkatya jumlah darah yang cukup besar akan berefek pada peningkatan cairan pada tubuh, pada hal ini kinerja ginjal pun lebih ekstra dan membuat ibu hami8l sering pipis. Namun perlu anda ketahui dengan meningkatnya jumlah darah berpengaruh baik pada janin yang tengah di kandung.

Terlalu banyak minum

Pada ibu hamil di tuntut untuk minum air sebanyak banyaknya agar terhindah dari dehedrasi. Jika pada ibu hamil sampai mengalami dehedrasi akan berdampak buruk pada bayi yang sedang di kandung.  Dengan banyak minum pada ibu hamil menjadi penyebab mengapa saat mengandung sering buang air kecil.

Adanya perubahan hormon

Selaian meningkatnya jumlah darah, perubahan lain yang di alami oleh ibu hamil adalah perubahan hormon, yaitu hormon HCG. Dengan perubahan hormin ini kehamilan pada ibu bisa dibaca melalui tespack. Namun harmon HCG ini aktif dan membuat si ibu selalu ingin buang air kecil.

Tekanan pada kandung kemih

Kandung kemih pada ibu hamil akan di tekan oleh rahim, rahim pada ibu hamil akan terus berkembang dan tumbuh dengan janinn di dalamnya. Tekanan yang di sebabkan oleh ramin inilah menjadi penyebab ibu mengandung selalu ingin buang air kecil. Dan dengan semakin tua usia kandungan maka akan semakin sering ingin buang air kecil dan buang air besar.

Mulai turunya bayi ke pelvis

Jika usia kandungan sudah tua atau memasuki trimester tiga maka ibu hamil akan semakin sering ingin buang air kecil dan di tambah sering buang air besar. Hal tersebut terjadi karena memperluasnya ramih dan bayi muali turun ke pelvis dan menggu untuk di lahirkan.

Nah itu adalah penyebab penyebab mengapa ibu hamil sering buang air besar ataupun buang air kecil, dan anda tidak perlu kawatir hal tersebut bukan tanda bahaya. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • sering buang air kecil pada ibu hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *