Jenis Sarang Walet

Harga Sarang Walet Terbaru Saat Ini

Posted on

Harga sarang burung walet ditentukan dari berbagai pertimbangan, contohnya saja dari bentuk, ukuran, dan salah satu yang tak kalah penting adalah dari jenisnya.

Terdapat beberapa jenis sarang walet yang masing-masing mempunyai tingkatan harga yang berbeda-beda. Dari kebanyakan sarang walet yang biasanya diperjualbelikan mempunyai harga yang beraneka ragam tergantung jenisnya. Misalnya saja sarang putih, sarang merah, sarang hitam, sarang lumut, dan lainnya.

 Sarang Putih

Sarang putih adalah Sarang walet yang keseluruhannya tersusun dari air liur walet (saliva), walaupun kadangkala ada sedikit campuran seperti bulu-bulu halus dari walet. sarang walet ini berwarna putih sehingga sering juga disebut dengan nama edible-nest swiftlet, Yen-yu.

Harga sarang walet dengan warna putih yang diperoleh dari gua alam berkisar sekitar Rp. 5.000.000 hingga Rp. 8.000.000, sedangkan sarang walet putih yang didapat dari gedung atau sarang walet rumahan berharga lebih tinggi, yaitu berkisar sekitar Rp. 10.000.000, sampai Rp. 17.000.000, harga sewaktu-waktu bisa lebih tinggi.

2. Sarang hitam

Untuk sarang walet yang memiliki warna hitam dibuat dari campuran air liur yang bersatu dengan bulu-bulunya. Campuran bulu-bulunya kadang kala banyak dan merata, oleh sebab itu memberi kesan sarang tersebut berubah jadi berwarna hitam yang dikenal dengan sebutan Black-nest swiflet.

Harga Sarang walet yang memiliki warna hitam berkisar lebih kurang Rp. 1.000.000, sampai Rp. 4.000.000, per kilogramnya. Rendahnya harga sarang walet yang berwarna hitam ini dikarenakan oleh kandungan air liur walet pada sarang itu hanya sekitar antara 50 – 60% saja.

3. Sarang Rumput

Sarang walet hitam biasanya berada pada lokasi yang teduh dengan tingkat intensitas cahaya yang rendah namun juga tidak bertempat pada lokasi yang terlalu gelap. Sarang walet ini dibuat memakai campuran air liur dan material lain seperti daun cemara, daun pinus, rumput kering, bunga, dan lain sebagainya.

Harga sarang walet rumput berkisar antara Rp. 750.000 hingga Rp. 1.500.000 perkillogramnya. Harga yang rendah darai sarang walet rumput dikarenakan sarang ini hanya mempunyai kandungan air liur sejumlah 3 hingga 5 gram saja.

4. Sarang Lumut

Sarang lumut yang masih baru dan baik keadaannya akan memiliki warna hijau, kemudian lama-kelamaan akan menjadi berwarna cokelat kehitaman dan kering. Sarang walet yang sudah kering dengan warna cokelat kehitaman mempunyai kualitas dan harga yang terendah sebab pemisahannya akan lebih sulit dikarenakan sarang tersebut telah bersatu dengan bahan lumut.

Harga sarang walet lumut ini mempunyai harga yang lebih rendah, yaitu berkisar sekitar Rp 100.000 sampai Rp. 200.000 per kilogramnya. Harga yang rendah dari sarang walet lumut ini disebabkan sarang hanya mempunyai kandungan liur sejumlah 2 sampai 3 gram saja.

5. Sarang Merah

Sarang walet berwarna merah keberadaannya lebih sulit ditemui, karena sarang walet ini hanya ada pada waktu-waktu tertentu saja. Sarang walet ini ada di saat musim penghujan di tempat yang kelembaban udaranya sangat tinggi.
Sarang walet merah memiliki harga paling tinggi dibanding dengan sarang walet jenis lainnya. Sarang walet merah harga perkillogramnya berkisar Rp. 8.000.000, hingga puluhan juta rupiah.

Harga yang tinggi tersebut disebabkan karena kandungan yang terdapat pada sarang walet berwarna merah sangat lengkap dan lebih ampuh untuk mengobati segala jenis penyakit, selain itu karena faktor keberadaannya yang sulit ditemui juga mempengaruhi harga sarang walet tersebut menjadi sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *