Cek Kanker Serviks Untuk Perempuan Gratis dari BPJS Kesehatan

Kanker leher rahim atau lebih dikenal dengan kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang pada kaum perempuan. Masih ingatkah Slogan “Lebih Baik Mencegah dari pada Mengobati”, diharapkan perempuan selalu berhati hati dan rutin memeriksakan kesehatannya terutama untuk mendeteksi sejak dini kanker serviks.

Kanker Serviks merupakan penyakit paling berbehaya nomer 2 setelah kanker payu*dara, tercatat didalam sensus kesehatan bahwa penderita kanker serviks di Indonesia cukup tinggi, karena terlalu bannyaknya apalagi dapat dikatakan 1 jam saja terdapat seorang perempuan yang meninggal dunia akibat penyakit berbahaya tersebut.

Baca Juga : Cara Cek Tagihan Iuran BPJS Kesehatan dengan SMS

Penyakit Kanker Serviks menyerang tanpa adanya tanda – tanda atau gejala dini sehingga kanker servik terlalu sulit sekali terdeteksi, Maka dari itu BPJS Kesehatan mengajak kepada seluruh perempuan dengan memberikan kesempatan untuk langsung memeriksakan diri ke Puskesmas dengan melaksanakan skrining kesehatan untuk kanker serviks. Layanan skrining untuk mendeteksi kanker serviks bagi peserta BPJS perempuan Gratis.

Untuk dapat memperoleh fasilitas skrining kesehatan kanker serviks bagi perempuan, peserta BPJS yang terkait wajib datang terlebih dahulu ke kantor bpjs paling dekat untuk mengisi formulir pendaftaran permohonan pengecekan kanker. Selanjutnya peserta dapat datang ke faskes tingkat pertama yang mempunyai fasilitas papsmear dan IVA, jika ternyata terdiagnosa penyakit kanker servik maka dapat dilaksanakan krioterapi dan jikalau dibutuhkan pengobatan lebih lanjut, peserta BPJS perempuan dapat mendapatkannya.

Baca Juga : Buka Tutup Jam Kerja Kantor BPJS Kesehatan

Saat melaksanakan pemeriksaan, peserta BPJS dapat memberitahukan kepada dokter yang bertugas di klinik atau puskesmas tempat dilakukannya skringing, perihal apa saja tanda-tanda yang dirasakan terhadap alat vitalnya, mungkin seperti keputihan, gatal – gatal, mulai panas.