BPJS Kesehatan Kabanjahe
BPJS Kesehatan Kabanjahe

Cara Daftar dan Alamat Kantor BPJS Kesehatan Kabanjahe, Dairi dan Pakpak Bharat

Posted on

Kantor BPJS Kesehatan Kabanjahe, Dairi dan Pakpak Bharat

1 Januari 2014, BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan telah secara resmi didirikan oleh Pemerintah. Sebelumnya BPJS Kesehatan dikenal dengan nama ASKES (Asuransi Kesehatan). Program Pemerintah lain yaitu BPJS Ketenagakerjaan juga secara bersamaan didirikan bersama BPJS Kesehatan. BPJS Ketenagakerjaan merupakan layanan jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Harapannya kedua program tersebut bisa mensejahterakan kebutuhan masyarakat terkait ketenagakerjaan dan kesehatan. Meskipun Pemerintah sudah meluncurkan 2 program yang mempunyai tujuan yang baik, namum program ini masih belum berjalan maksimal karena sosialisasi yang kurang serta banyak masyarakat yang masih awam dengan cara mendaftar BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan berusaha memperluas akses kemudahan dan pendaftaran bagi masyarakat sehingga salah satunya dengan memperluas jangkauan BPJS di setiap Kabupaten/Kota. Salah satunya yaitu di Kantor BPJS Kesehatan Kabanjahe, Dairi dan Pakpak Bharat merupakan kantor BPJS Kesehatan secara offline sebagai tempat konsultasi,mencari informasi dan pendaftaran secara offline BPJS Kesehatan.

Alamat Kantor BPJS Kesehatan Kabanjahe, Dairi dan Pakpak Bharat

Kantor Cabang (KC) Kabanjahe : Jl. Letnan Rata Perangin-angin No. 14 A Kabanjahe (0628) 21860, 22958 (0628) 22958
Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) Dairi : Jl. Ahmad Yani No. 158 Sidikalang, Kab. Dairi (0627) 424144 (0627) 424144
Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) Pakpak Bharat : Jl. Telangke Kuta Rimbaru Desa Salak I

Baca Juga : Buka Tutup Jam Kerja Kantor BPJS Kesehatan

Cara mendaftar Kantor BPJS Kesehatan Kabanjahe, Dairi dan Pakpak Bharat, siapkan beberapa dokumen atau berkas umum yaitu :

  • Kartu identitas diri yang masih berlaku misalnya KTP, Paspor atau SIM
  • Kartu Keluarga Terbaru (KK)
  • Bagi yang sudah menikah, bawa buku nikah
  • Photocopy buku tabungan yang sebagai penanggung biaya
  • Pas Photo ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  • Jika ingin daftarkan anak dan belum punya KTP, bawa Akta kelahiran
  • Siapkan uang untuk iuran bulan pertama sesuai kelas yang anda inginkan (25.000, 42.000 atau 59.000)

Jika semua dokumen sudah disiapkan, disaat sudah berada di Kantor BPJS Kesehatan Kabanjahe, Dairi dan Pakpak Bharat, anda akan diberi form pendaftaran peserta baru.

  • Isi dengan perlahan, teliti dan secara cermat. Diusahan jangan ada penulisan yang salah dengan berkas yang anda miliki. Karena kalau ada kesalahan dalam mengisi form tersebut akan bisa menjadi masalah dikemudian hari.
  • Setelah selesai semua, maka anda akan diberikan ID atau virtual account yang nantinya bisa anda pakai untuk pembayaran atau transfre dana klaim saat diperlukan.
  • Lakukan pembayaran iuran bpjs pada bank yang sudah ditunjuk
  • Setelah itu, kembali kekantor bpjs kesehatan untuk menyerahkan bukti trasfer, tunggu beberapa saat maka kartu BPJS anda akan selesai dicetak.

Silahkan datang lebih awal ke Kantor BPJS Kesehatan Kabanjahe, Dairi dan Pakpak Bharat agar tidak antri yang terlalu lama. Bagi anda yang berada di Kabanjahe, Dairi dan Pakpak Bharat dan tidak mau susah mengantri bisa melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *