Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan
Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Begini Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Posted on

Di saat melakukan pendaftaran diri sebagai peserta bpjs kesehatan, anda diharuskan memilih kelas. Tidak ada kriteria khusus dalam pemilihan kelas tersebut. Hanya saja akan ada perbedaan besar iuran bpjs kesehatan yang tertanggung setiap bulanya.

Mulai awal April 2016, secara resmi besar iuran bulanan bpjs kesehatan mengalami kenaikan. Untuk kelas 1 yang awalnya iuran bulanan kelas 1 bpjs kesehatan sebesar Rp 59.500 kini naik menjadi Rp 80.000 atau mengalami kenaikan sebesar Rp 20.500. untuk kelas 2, tarif bulanan bpjs kesehatan kelas 2 dari awalnya Rp 42.500 menjadi Rp 51.000 atau mengalamai kenaikan sebesar Rp 8.500. sementara untuk kelas 3 tidak terjadi kenaikan atau iuran bulanan bpjs kesehatan kelas 3 tetap yaitu Rp 25.500.

Oleh karena adanya kenaikan tarif bulanan bpjs kesehatan itulah sebagian peserta bpjs kesehatan ingin melakukan pindah kelas bpjs kesehatan. Mereka ingin pindah kelas dari kelas nomer 1 menjadi kelas nomer 2 atau bahkan ingin ke kelas nomer 3. Pindah kelas bpjs kesehatan ini sendiri diperbolehkan oleh bpjs kesehatan asal sesuai dengan prosedur pindah kelas bpjs kesehatan.

Untuk melakukan pindah kelas bpjs kesehatan, peserta harus datang langsung ke kantor bpjs kesehata terdekat dengan membawa persyaratan pindah kelas bpjs kesehatan sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Kartu BPJS Kesehatan
  4. Tidak ada iuran yang tertunggak oleh peserta bpjs kesehatan

Jika persyaratan pindah kelas bpjs kesehatan tersebut sudah lengkap, peserta bisa mendatangi kantor bpjs kesehatan terdekat. Kemudian, ajukan permohonan pindah kelas bpjs kesehatan. Petugas kemudian akan memberikan formulir pindah kelas yang harus diisi oleh peserta.

Yang perlu diketahui, sebelum mengajukan pindah kelas bpjs kesehatan peserta harus terdaftar sebagai peserta minimal satu tahun. Jika peserta sudah pernah melakukan pindah kelas, maka perubahan kelas bisa diajukan kembali terhitung satu tahun semenjak perubahan kelas bpjs kesehatan dilakukan.

Melakukan pindah kelas bpjs kesehatan berarti juga mempengaruhi besar iuran bulanan bpjs kesehatan dan juga pelayanan di ruang kelas perawatan. Misal peserta bpjs kesehatan yang sebelumnya terdaftar sebagai peserta bpjs kesehatan kelas 1 kemudian melakukan pindah kelas bpjs kesehatan ke kelas 2 maka besar iuran peserta menyesuaikan dengan kelas yang dipilih yaitu dari Rp 80.000 menjadi Rp 51.000. begitu pula dengan pelayanan kelas perawatan yang dipilih juga menyesuaikan dengan kelas yang dipilih oleh peserta.

Bagi peserta penerima bantuan iuran, mereka akan secara otomatis masuk ke kelas 3. Jadi mereka akan mendapatkan fasilitas kesehatan dengan ruang inap perawatan di kelas 3. Dan mereka tidak dikenakan iuran bulanan. Sebab iuran mereka sudah sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. Mereka yang bisa menjadi peserta penerima bantuan iuran adalah mereka yang tergolong masyarakat fakir miskin dan orang yang tidak mampu.

Bpjs kesehatan telah melakukan kerja sama dengan banyak fasilitas kesehatan. Jadi peserta bpjs kesehatan dapat memilih faskes terdekat untuk mendapatkan perawatan. Masyarakat yang telah menjadi peserta bpjs kesehatan akan mendapatkan layanan kesehatan oleh bpjs kesehatan. Ruang inap dan obat sudah menjadi kewajiban bpjs kesehatan untuk membayar. Jadi peserta tidak akan dipungut lagi oleh faskes. Akan tetapi apabila ada kondisi tertentu yang tidak tercover oleh bpjs kesehatan maka biaya akan ditanggungkan kepada peserta bpjs kesehatan.

Incoming search terms:

  • cara pindah kelas bpjs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *