Mata merah
Mata merah

Beberapa Hal Yang Dapat Membuat Mata Menjadi Merah

Posted on

Mata merah ? semua orang pasti pernah mengalami penyakit yang satu ini, sehingga hal tersebut membuat mata atau pengelihatan anda menjadi tidak nyaman bahkan terasa sakit. Dalam hal tersebut ada beberapa faktor yang mempengaruhinya salah satunya adalah terjadi pembengkakan pembuluh darah yang terdapat pada Sclera atau permikaan luar putih mata. Terjadinya pembengkakan tersebut bukanlah tanpa sebab, perlu anda ketahui bahwa adanya kuman, firus maupun sejenisnya dapat menyebabkan terjadinya alergi atau infeksi pada mata. Dan tak jarang pula faktor kelelahan pun juga menjadi salah satu faktor penyebab mata merah. Dan berikut ini adalah beberapa faktor penyebab mata merah, antara lain :

1.Kekurangnya Jam Tidur

Dari sekian banyak faktor yang dapat menyebabkan mata merah, ternyata kurangnya waktu tidur juga menjadi salah satunya, mengapa demikian ? karena kurangnya waktu tidur tersebut akan membuat mata menjadai lelah. Sehingga anda memerlukan waktu tidur yang cukup untuk mengembalikan mata anda menjadi normal kembali.

2.Merokok

Selian dapat menyebabkan gangguan pada organ dalam seperti paru – paru dan jantung, ternyata asap dari rokok tersebut juga dapat membuat mata anda menjadi merah karena adanya iritasi yang disebabkan oleh asap rokok tersebut. Dan sebaiknya bagi anda perokok aktif berhentilah merokok.

3.Luka Pada Mata

Hal semacam ini biasanya terjadi karena adanya benda kecil yang masuk kedalam mata (kelilipan) sehinga mata menjadi merah karena adanya goresan pada mata. Sebaiknya hal ini jangan terlalu sering dikucek, karena dapat memperparah luka pada mata.

4.Konjungtivitas

Konjungtivitas atau biasa disebut dengan “sakit mata merah muda” merupakan salah satu penyakit mata yang dapat menular. Biasanya hal ini disebabkan karena adanya infeksi virus maupun alergi pada mata. Penyakit jenis ini biasanya ditandai dengan mata berair dan juga adanya kotoran – kotoran disekitar mata.

5.Mata Kering

Hal ini terjadi karena tidak adanya air yang cukup pada mata, sehingga mata menjadi kering dan dapat menimbulkan peradangan yang berpengaruh terhadat timbulnya mata merah. Air mata tersebut berperan cukup penting dalam menjaga kelembapan mata, yang berguna untuk membersikan kotoran ataupun debu pada mata.

6.Penggunaan Lensa Kotak

Saat ini kebanyakan orang lebih memilih untuk memakai lensa kontak  dibanding menggunaka kaca mata, selain untuk menunjang mata minus, juga menjadikannya sebagai fashion. Memilih menggunakan lensa kontak bukanlah hal yang tepat, karena jika melakukan perawatan yang benar maka akan dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mata.

7.Glaukoma

Glaukoma merupakan salah satu penyakit pada mata yang paling berbahanya, karena bagi penderita dapat kehilangan pengelihatannya dan tak jarang pula penderita juga akan merasakan rasa mual. Gejala semacam ini dapat dilihat dari mata memerah disertai dengan rasa sakit.

Jika anda mengalami hal semacam ini sebaiknya segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Jika dibiarkan hal tersebut dapat memnyebabkan kebutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *